Home » Berita Terbaru » Siap Melaksanakan Ujian Nasional Online

Siap Melaksanakan Ujian Nasional Online

MC Skenda - UN OnlineUjian Nasional merupakan amanat UU No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.  Evaluasi peserta didik, satuan pendidikan, dan program pendidikan dilakukan oleh lembaga mandiri secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistemik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan Pasal 58 ayat (2)

Dimana tujuan dari Ujian Nasional sendiri adalah menilai pencapaian standar kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu. (PP 19/2005 yang telah diubah dengan PP No. 32/2013 dan PP 13/2015)

Pada tahun 2015 ini Ujian Nasional di lakukan secara PBT (Paper Based Test) dan CBT (Computer Based Test).  Untuk CBT diterapkan secara bertahap (status rintisan).

Ada 585  sekolah di Indonesia yang menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer, salah satu nya SMK Negeri 2 Banjarmasin, Melalui Keputusan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 017/H/EP/2015 Tentang Penetapan Satuan Pendidikan Penyelenggara Ujian Nasional Berbasis Komputer Tahun 2015.

4 ruang yang akan di pakai untuk CBT dimana setiap ruang terdiri dari 20 sampai dengan 23 komputer untuk para peserta ujian nasional, yang akan di bagi dalam 3 sesi.

Kesiapan di SMK Negeri 2 Banjarmasin sudah 100 persen dari segi infrastruktur jaringan, komputer dan siswa nya karena kita sudah melakukan sosialasi dan uji coba terhadap siswa peserta UN. Selanjutnya,  sambil menunggu hasil download update aplikasi terbaru dari puspendik dan akan dilakukan Try Out Ujian Online tanggal 1 April 2015 dan 2 April 2015, “ tutur Almunawar Kepala SMK N 2 Banjarmasin”

Hal senada disampaikan oleh Ketua Pelaksanaan Teknis UN Online, Novie Bambang,  bahwa Tim Teknis sudah semaksimal mungkin dalam persiapan ujian online ini dan kendala yang di hadapi adalah akses download ke aplikasi terbaru untuk UN Online terkendala akses jaringan di server pusat, karena banyak nya sekolah-sekolah peserta UN Online yang melakukan akses ke server tersebut. Harusnya pihak puspendik bisa meletakkan update aplikasi tidak hanya pada satu server, tapi ada beberapa server, sehingga tidak menjadi masalah lambatnya akses jaringan, “pungkas nya”.  (MC Skenda/ Ari Rahman)

Check Also

Peserta Didik Teknik Furnitur PJBL dan PLK Teknik Kimia Industri

Peserta didik smkn 2 banjarmasin Program Keahlian teknik furnitur ikut melaksanakan Pembelajaran Luar Kelas untuk …

Gerakan Nasional “Kembali Naik Angkutan Umum”

Teman Bus Kota Banjarmasin Goes To School 2024 berkunjung ke SMK Negeri 2 Banjarmasin, Pada …

Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan bagi pencari kerja dari Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin

Program penempatan Tenaga Kerja Sub Kegiatan Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan dalam  rangka mempersiapkan peserta didik …

Workshop Budaya Kerja Sekolah

Budaya  kerja  adalah value atau nilai,  karakteristik,  dan atribut yang dimiliki  oleh suatu perusahaan atau …

Kunjungan Putri Indonesia Perwakilan Kalimantan Selatan 2024

SMK Negeri 2 Banjarmasin di hebohkan oleh kedatangan Putri Indonesia Perwakilan Kalimantan Selatan 2024 pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *