Home » Berita Terbaru » Krido Wohono : “UKK Salah Satu Standarisasi Kelulusan”

Krido Wohono : “UKK Salah Satu Standarisasi Kelulusan”

Pelaksanaan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) dalam semua bidang  keahlian  SMK Negeri 2 Banjarmasin di12718173_10205544467947413_9200991513164131941_nlaksanakan dari tanggal (22/2) sampai tanggal  (10/3) .Ujian Kompetensi Keahlian yang dilaksanakan ini  bertujuan untuk melihat standarisasi kelulusan dari siswa.   UKK yang berlangsung  berupa ujian praktik yang setiap jurusannya itu berbeda – beda.

Praktik  untuk jurusan Multimedia adalah pembuatan Dokumentar, Iklan,dan Bumper. Broadcasting melakukan praktik semacam acara televisi dari Pra Produksi,Produksi, dan Pasca Produksi. Untuk Animasi membuat Film Animasi dan Games. Praktik yang dilakukan untuk jurusan Perawatan Sosial berupa penelitian ditempat yang sudah ditentukan, sedangkan praktik untuk jurusan Teknik Komputer dan Jaringan berupa Setting Jaringan,Instalasi Server, dan Perakitan Personal Komputer (PC).

Pelaksanaan UKK untuk Jurusan Animasi tidak berbarengan dengan jurusan yang lain karena ingin mempersiapkan semua siswanya sedangkan untuk jurusan  Multimedia tidak ikut dari awal karena mempersiapkan bahan dan mental  siswanya.

Dalam pelaksanaan ini, UKK dilakukan secara bergantian (per grup) yang dikarenakan ruangan yang tidak cukup.

Dalam hal persiapan  UKK pada  tahun ini  Krido Wohono Y,S.Kom selaku Ketua Pelaksana UKK (Ujian Kompetensi Keahlian) mengatakan ” Dalam hal  persiapan  tergantung dengan permohonan dari setiap jurusan dan membaca peraturan yang baru tentang UKK, karena setiap tahun peraturan berubah- ubah dalam hal persiapan UKK kali ini hanya mempersiapkan tiap jurusan setelah itu baru mengerjakan ke panitia utama seperti apa yang diperlukan,berapa hari kegiatannya dilaksanakan,seperti apa prosedurnya, setelah itu baru dirangkum oleh panitia dan diberikan jadwal kepada setiap jurusan setelah itu nanti informasikan dan melakukan rapat kembali” ungkapnya.

“Untuk Penguji UKK kali ini ada dari internal dan eksternal, kalau yang dari internal adalah dari guru yang ditunjuk  sesuai kompetensi nya dan dari eksternal dari Dunia Industri yang terkait dengan kompetensi jurusan.”tambahnya.

“Dana yang digunakan untuk Ujian Kompetensi Keahlian ini  sementara masih dari dana komite sekolah sedangkan dari dana Bos belum terealisasi untuk ukk ini, siswa tidak mengeluarkan dana  untuk pelaksanaan UKK ini saya pun berharap dari UKK ini bisa terlaksanakan dengan lancar dan juga sukses ” pungkasnya  kepada Wartawan Media Center SMK Negeri 2 Banjarmasin,  Rabu (24/2). (MC Skenda/Jsm/Syr/Jnh/Tm)

Check Also

Peserta Didik Teknik Furnitur PJBL dan PLK Teknik Kimia Industri

Peserta didik smkn 2 banjarmasin Program Keahlian teknik furnitur ikut melaksanakan Pembelajaran Luar Kelas untuk …

Gerakan Nasional “Kembali Naik Angkutan Umum”

Teman Bus Kota Banjarmasin Goes To School 2024 berkunjung ke SMK Negeri 2 Banjarmasin, Pada …

Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan bagi pencari kerja dari Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin

Program penempatan Tenaga Kerja Sub Kegiatan Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan dalam  rangka mempersiapkan peserta didik …

Workshop Budaya Kerja Sekolah

Budaya  kerja  adalah value atau nilai,  karakteristik,  dan atribut yang dimiliki  oleh suatu perusahaan atau …

Kunjungan Putri Indonesia Perwakilan Kalimantan Selatan 2024

SMK Negeri 2 Banjarmasin di hebohkan oleh kedatangan Putri Indonesia Perwakilan Kalimantan Selatan 2024 pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *