Home » Berita Terbaru » Arifin Noor Asyikin : Orang yang kompeten diperlukan sebagai penguji

Arifin Noor Asyikin : Orang yang kompeten diperlukan sebagai penguji

IMG_20160303_143129Untuk mengetahui potensi siswa dibidang keahlian masing-masing SMK Negeri 2 Banjarmasin laksanakan UKK (Uji Kompetensi Keahlian) yang merupakan salah satu sistem penilaian yang harus dilakukan oleh siswa kejuruan untuk mencapai kelulusan.

Ada lima jurusan yang melaksanakan kegiatan UKK, salah satunya jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan). Siswa tersebut telah dibagi menjadi tujuh grup yang terdiri dari sepuluh orang dengan waktu 12 jam per-grup, bermula pada (22/2) s/d (8/3). Kegiatan ini dilaksanakan setiap harinya pukul 08.00-1400 WITA. Dengan tiga paket soal yang diujikan, paket satu tentang Server yang berfungsi sebagai Gateway, DNS dan Web Server. Sedangkan paket dua dan tiga tentang Mikrotik. Dalam hal penilaian yang dinilai adalah cara merakit komputer, penyiapan kabel dan setting jaringan.

Menurut Arifin Noor Asyikin selaku penguji eksternal “Kegiatan UKK TKJ hanya dilaksanakan di dalam ruang sekolah karena yang dicari skill bagaimana mereka bisa menyelesaikan suatu masalah dalam jaringan.”

Selain sebagai penguji Arifin Noor Asyikin juga bertindak sebagai pengawas dan penilai dalam kegiatan UKK tersebut, sejauh mana kemampuan siswa untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan soal yang di berikan.

“Yang ditunjuk sebagai penguji adalah orang yang sudah kompeten yang artinya mereka sudah mempunyai keahlian dibidang itu.” Ungkap Dosen Teknik Komputer, Politeknik Negeri B Banjarmasin.

Siswa yang telah mempunyai skill diharapkan harus bisa menyelesaikan masalah dalam jaringan dari segi pengalaman.

“Dengan adanya ujian ini mereka bisa mandiri di dunia kerja tidak hanya sebagai pegawai kantor, mereka juga bisa berwirausaha. Masih banyak peluang pekerjaan mereka karena hampir semua perusahaan perlu yang namanya Teknik Komputer dan Jaringan.” Pungkasnya. Rabu, (3/3).
(MC Skenda/Salsa)

Check Also

Peserta Didik Teknik Furnitur PJBL dan PLK Teknik Kimia Industri

Peserta didik smkn 2 banjarmasin Program Keahlian teknik furnitur ikut melaksanakan Pembelajaran Luar Kelas untuk …

Gerakan Nasional “Kembali Naik Angkutan Umum”

Teman Bus Kota Banjarmasin Goes To School 2024 berkunjung ke SMK Negeri 2 Banjarmasin, Pada …

Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan bagi pencari kerja dari Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin

Program penempatan Tenaga Kerja Sub Kegiatan Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan dalam  rangka mempersiapkan peserta didik …

Workshop Budaya Kerja Sekolah

Budaya  kerja  adalah value atau nilai,  karakteristik,  dan atribut yang dimiliki  oleh suatu perusahaan atau …

Kunjungan Putri Indonesia Perwakilan Kalimantan Selatan 2024

SMK Negeri 2 Banjarmasin di hebohkan oleh kedatangan Putri Indonesia Perwakilan Kalimantan Selatan 2024 pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *