Home » Berita Terbaru » Pendidikan untuk Peradaban Indonesia yang Unggul.

Pendidikan untuk Peradaban Indonesia yang Unggul.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei, juga di selenggarakan di SMK Negeri 2 Banjarmasin, jum’at (02/05), di Lapangan SMKN 2 Banjarmasin oleh Tenaga Pendidik, Tenaga Kependidikan dan Peserta Didik.

Rangkaian kegiatan berupa pengibaran bendera merah putih oleh Paskibraka, Bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Kepala Sekolah, Bapak Drs. Arsyad Junaidi, M.Pd.

Pada Apel Hardiknas 2014 ini, dibacakan Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan R.I, dimana dalam sambutan nya, menteri mengucapkan Selamat Hari Pendiikan Nasional, pada kesempatan itu pula di ucapkan terimakasih kepada seluruh insan pendidikan, pemerintah daerah, organisasi yang bergerak di bidang pendidikan , dan pemangku kepentingan lainnya ats segala ikhtiar, kepedulian dan perhatian yang telah diberikan dalam memajukan dunia pendidikan.

M. Nuh juga mengatakan bahwa dalam dunia pendidikan ada dua hal yang sangat mendasar, yaitu :
Pertama, terakit dengan akses untuk mendapatkan layanan pendidikan yang mana akses terebut dipengaruhi oleh ketersediaan dan keterjangkauan. Beberapa kebijakan dan program seperti BOS untuk pendidikan dasar dan mengengah, Bantuan Siswa Miskin, Bidikmisi, Pengiriman Guru untuk daerah terpencil, terdepan dan tertinggal melaui SM3T, Bantuan Operasional untuk Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN), pendirian perguruan tinggi negeri baru dan sekolah berasrama merupakan sebagian dari upaya untuk meningkatkan akses secara iklusif dan berkeadilan.

Kedua, yaitu yang terakait dengna kualitas yang dalam hal ini, sangat dipengaruhi oleh tiga hal, yaitu ktersediaan dan kualitas guru, kurikulum dan sarana prasarana. Beberapa kebijakan dan program yang telah ditetapkan, antara lain, pendidikan dan pelatihan guru berkelanjutan, penerapan Kurikulum 2013 dan rehabilitasi sekolah yang rusak, baik rusak berat, rusak sedang, maupun rusak ringan. Melalui penerapan Kurikulum 2013 secara bertahap dan menyeluruh, tahun ajaran 2014/2015 merupakan momentum untuk meningkatkan kapasitas dan profesionalitas guru, kepala sekolah dan pengawas selain juga merupakan momentum untuk melaukan penataan sistem perbukuan pelajaran.

Pada akhir sambutannya, beliau mengatakan bahwa masa tugas beliau sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan akan berakhir, melalui Hari Pendidikan Nasional ini beliau mengatakan sebagai seorang menteri dan pribadi ingin menyampaikan ucapan terimakasih setinggi-tingginya kepada seluruh pemangku kepentingan atas partisipasi, kerjasama dan perhatiannya yang sangat luar biasa dalam menyukseskan program-program yang telah ditetapkan oleh Kementriaan Pendidikan dan Kebudayaan, prestasi yang telah diraih adalah prestasi kita semua.

Tema yang dipilih pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2014 ini, yakni Pendidikan untuk Peradaban Indonesia yang Unggul.

Check Also

Penyuluhan tentang pencegahan paham radikalisme dan anti pancasila kepada pelajar SMK NEGERI 2 BANJARMASIN

Direktorak Pembinaan MAsyarakat (Dit Binmas) Kepolisian Daerah Kalimantan selatan  dalam Rangka Pencegahan, penanggulangan paham radikalisme …

Kegiatan Buka Puasa Bersama Guru dan Staf Tata Usaha

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh Alhamdulillah pada hari Rabu, 27 April 2022 telah dilaksankan kegiatan Buka Puasa …

Jadwal Ujian Sekolah (US) Tahun Pelajaran 2021-2022

Tefa ( Teaching factory ) Perawatan Sosial

Teaching factory adalah model pembelajaran berbasis produk (barang/jasa) melalui sinergi sekolah dengan industri untuk menghasilkan …

Isra Miraj dan Sholat Hajat

Memperingati kegiatan Isra Mi’raj yang di peringati setiap tanggal 27 di bulan rajab, kegiatan yang …

Hasil Karya Siswa Desain Interior dan Teknik Furniture Bersama Md Product

SMKN 2 Banjarmasin menjadi sekolah Kejuruan pertama yang membuka kompetensi Desain interior teknik furniture di …

Muda ,Kreatif, Menginpsirasi

Kegiatan Duta Jurusan 2022 akhirnya sampai ke Tahap Teknikal Meeting 27 Januari 2021 di Gedung …

Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Dan Project Base Learning (PJBL)

Pelaksanaan PTM di SMKN 2 Banjarmasin sudah memasuki minggu ke empat,pelaksanaan yang menggunakan metode minggu …

“Generasi Tertib,Generasi Maju”

Pelaksanaan Upacara Bendera pada tanggal 17 Januari 2022 menjadi upacara pertama setelah pandemic 2 tahun …

Rapat Koordinasi Awal Ajaran Semester Genap & Persiapan PTM 2021/2022

Kegiatan rapat tiap awal semester genap menjadi rutinitas di SMKN 2 Banjarmasin, pertemuan kali ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *