Home » Berita Terbaru » UKK Pekerjaan Sosial [PEKSOS] SMK Negeri 2 Banjarmasin

UKK Pekerjaan Sosial [PEKSOS] SMK Negeri 2 Banjarmasin

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) adalah bagian dari intervensi Pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. Pelaksanaan UKK bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesuai Kompetensi Keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK. UKK dilaksanakan oleh satuan pendidikan dalam bentuk ujian praktik yang menguji aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap pada 1 event.

UKK dapat dilaksanakan menggunakan standar yang ditetapkan oleh industri, Lembaga Sertifikasi Profesi, dan/atau perangkat uji yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Tempat-tempat uji kompetensi. Satuan pendidikan yang menyelenggarakan UKK harus dinyatakan layak sebagai tempat uji kompetensi oleh koordinator Ujian Nasional Tingkat Provinsi atau Lembaga Sertifikasi Profesi. Sebagaimana tahun sebelumnya, nilai UKK akan diperhitungkan sebagai Nilai Ujian Sekolah untuk mata pelajaran kompetensi kejuruan.

Mulai tahun pelajaran 2018/2019, Ujian Nasional Teori Kejuruan tidak lagi menjadi bagian Uji Kompetensi Keahlian sehingga nilai Ujian Nasional tidak lagi diperhitungkan dalam nilai Uji Kompetensi Keahlian melainkan hanya untuk Sertifikat Hasil Ujian Nasional.

UKK Pekerjaan Sosial [Pekso] ini diikuti oleh 84 Siswa-siswi dari kelas XII(dua belas). Hari ini (10/04) diadakan pengumpulan data, Observasi, Wawancara dan Asesmen di 4 instansi  yakni Panti Sosial Bina Laras Budi Luhur, Panti Sosial Tresna Werdha Budi Sejahtera, SLB Plus Madan Dun Ya Banjarmasin, Panti Sosial Bina Netra Fajar Harapan.

Pada tanggal 15 – 16 April diadakan pengujian oleh penguji eksternal dari instansi Panti Sosial Bina Laras Budi Luhur, Panti Sosial Tresna Werdha Budi Sejahtera, SLB Plus Madan Dun Ya Banjarmasin.

Diharapkan melalui Uji Kompetensi Keahlian [UKK] di SMKN 2 BAnjarmasin bekerjasama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri yang sesuai dapat meluluskan siswa yang siap menghadapi dunia kerja dikarenakan memiliki skill dan mental yang di butuhkan oleh Dunia Usaha dan Dunia Industri

Photo Kegiatan 

Check Also

Peserta Didik Teknik Furnitur PJBL dan PLK Teknik Kimia Industri

Peserta didik smkn 2 banjarmasin Program Keahlian teknik furnitur ikut melaksanakan Pembelajaran Luar Kelas untuk …

Gerakan Nasional “Kembali Naik Angkutan Umum”

Teman Bus Kota Banjarmasin Goes To School 2024 berkunjung ke SMK Negeri 2 Banjarmasin, Pada …

Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan bagi pencari kerja dari Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin

Program penempatan Tenaga Kerja Sub Kegiatan Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan dalam  rangka mempersiapkan peserta didik …

Workshop Budaya Kerja Sekolah

Budaya  kerja  adalah value atau nilai,  karakteristik,  dan atribut yang dimiliki  oleh suatu perusahaan atau …

Kunjungan Putri Indonesia Perwakilan Kalimantan Selatan 2024

SMK Negeri 2 Banjarmasin di hebohkan oleh kedatangan Putri Indonesia Perwakilan Kalimantan Selatan 2024 pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *