Home » Berita Terbaru » Relawan TIK Kalsel dan Dishubkominfo Sosialisasi INCAKAP

Relawan TIK Kalsel dan Dishubkominfo Sosialisasi INCAKAP

20141223_110825Misi untuk menjadikan warga Indonesia menjadi Insan Cakap (Internet Sehat, Aman, Cerdas, Aktif, Kreatif dan Produktif) sudah dijalankan Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sejak beberapa tahun ini.

Relawan TIK Kalsel juga sudah menggandeng Dishubkominfo Kalsel untuk mewujudkan pelajar yang sehat dalam berinternet. Salah satu Vendor yaitu Lenovo tertarik dengan program Relawan TIK. Karena itu, Relawan TIK dan Lenovo menjalin kerjasama untuk meningkatkan pemahaman internet para pelajar di Indonesia Bagian Timur.

Menurut Ketua III Relawan TIK Nasional, Oki Tri Hutomo, lebih dari 150 unit Lenovo Yoga Tablet serta dana tunai didonasikan untuk program pendidikan internet Relawan TIK di kawasan Indonesia Bagian Timur, Selasa (23/12) betempat Di SMKN 2 Banjarmasin.
“Pada fase pertama ini, Kick Off Lenovo CSR Program sebagai wujud Yoga Tablet mendukung edukasi teknologi di wilayah Indonesia Timur, memberikan bantuan itu untuk Surabaya, Madura, Bondowoso, Banjarmasin dan Ambon (Ternate),” ujarnya.

Chief Operating Officer, Lenovo Indonesia, Sandy Lumy menjelaskan, untuk menunjang agenda itu, lebih dari 150 unit Lenovo Yoga Tablet serta dana tunai didonasikan untuk program pendidikan internet terhadap relawan TIK. “Upaya kami membidik Kawasan Indonesia Timur karena wilayah itu masih memiliki pemahaman dan pengetahuan akan internet yang belum memadai. Untuk itu, kami ingin membantu para pelajar agar meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dalam memanfaatkan internet,” ujarnya.

Di tempat yang sama Kasie Aptel Dishubkominfo Kalsel, Bahrom Majie menjelaskan, program sosialisasi INSAN yang dilaksanakan Dishubkominfo sudah dilaksanakan sejak tahun 2011. Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana menggunakan internet yang sehat dan aman yang telah dilakukan di 13 kabupaten/Kota.

“Berdasarkan program strategis Dishubkominfo Kalsel pada 2016 – 2020 kegiatan ini ditingkatkan menjadi program Incakap, Internet cerdas kreatif dan produktif sesuai dengan program Kemkominfo, bahwa pengguna internet di Indonesia tidak lagi hanya sebagai pengguna tetpai sebagai pelaku yang bisa memberikan nilai tambah terhadap peningkatan SDM dan nilai ekonomi bagi masyarakat,” ujar Bahrom.

Kepala SMKN 2 Banjarmasin, Arsyad Junaidi menyambut baik dengan diadakannya acara ini, sehingga menambah wawasan dan pengetahuan siswa-siswa tentang bagaimana pemanfaatan internet yang cerdas kreatif dan produktif, sehingga tidak akan sampai terjadi penyalahgunaan teknologi informasi dan komunikasi di kalangan pelajar seperti cyber bullying, pornografi, hacking dan lain-lain. (wln)

Check Also

Rapat Koordinasi Awal Ajaran Semester Genap & Persiapan PTM 2021/2022

Kegiatan rapat tiap awal semester genap menjadi rutinitas di SMKN 2 Banjarmasin, pertemuan kali ini …

KALEIDOSKOP 2021

Screening dan Berdiskusi Bersama menjadi akhir penilaian Tefa Produksi Film 2021

Pelaksanaan Periode ke2 Perakrin Bulan Agustus – November 2021 yang telah selesai dilaksanakan di sambut …

Workshop Penilaian hasil belajar eRapor SMK Pusat Keunggulan

Pelaksanaan kegiatan WORKSHOP Penilaian Hasil Belajar eRapor SMK PUSAT KEUNGGULAN SMK Negeri 2 Banjarmasin Tahun …

Banjir ROB tidak menghalangi antusisme SISWA-SISWI SMKN 2 BANJARMASIN untuk mengikuti Vaksin

Vaksinasi Mobile Kodim 1007/Banjarmasin yang di selenggarakan di Gedung Tekhnopark SMKN 2 Banjarmasin mendapatkan Banyak …

Puncak Gebyar Menara Vokasi 2021 di Banjarmasin

Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek membentuk akselerator daerah bersinergi dengan Pemda, dunia usaha dan dunia …

Recognition Current Competency (RCC) / Sertifikasi Ulang Asesor Kompetensi

Di Laksanakan oleh LSP P1 SMKN 2 Banjarmasin Oleh Master Asesor Rina Simbolon,S.SOS,M.M dan Master …

Pelaksaaan Komitmen dengan DUDIKA

SMKN 2 Banjarmasin- Rangkaian kegiatan SMK PK salah satu dari program pengembangan SMK dengan kompetensi …

Gerakan sekolah menyenangkan (GSM)

SMKN 2 Banjarmasin- Gerakan sekolah menyenangkan (GSM) ini bertujuan untuk memberikan internalisasi bagi warga, khususnya …

Pemeriksa Keuangan (BPK) RI

Berdasarkan surat dari BPK RI No 26/KIN-VOKASI/PROV/10/2021, Perihal Observasi SMK dan Konfirmasi Kegiatan Monev SMKN …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *