Home » Berita Terbaru » Relawan TIK Kalsel dan Dishubkominfo Sosialisasi INCAKAP

Relawan TIK Kalsel dan Dishubkominfo Sosialisasi INCAKAP

20141223_110825Misi untuk menjadikan warga Indonesia menjadi Insan Cakap (Internet Sehat, Aman, Cerdas, Aktif, Kreatif dan Produktif) sudah dijalankan Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sejak beberapa tahun ini.

Relawan TIK Kalsel juga sudah menggandeng Dishubkominfo Kalsel untuk mewujudkan pelajar yang sehat dalam berinternet. Salah satu Vendor yaitu Lenovo tertarik dengan program Relawan TIK. Karena itu, Relawan TIK dan Lenovo menjalin kerjasama untuk meningkatkan pemahaman internet para pelajar di Indonesia Bagian Timur.

Menurut Ketua III Relawan TIK Nasional, Oki Tri Hutomo, lebih dari 150 unit Lenovo Yoga Tablet serta dana tunai didonasikan untuk program pendidikan internet Relawan TIK di kawasan Indonesia Bagian Timur, Selasa (23/12) betempat Di SMKN 2 Banjarmasin.
“Pada fase pertama ini, Kick Off Lenovo CSR Program sebagai wujud Yoga Tablet mendukung edukasi teknologi di wilayah Indonesia Timur, memberikan bantuan itu untuk Surabaya, Madura, Bondowoso, Banjarmasin dan Ambon (Ternate),” ujarnya.

Chief Operating Officer, Lenovo Indonesia, Sandy Lumy menjelaskan, untuk menunjang agenda itu, lebih dari 150 unit Lenovo Yoga Tablet serta dana tunai didonasikan untuk program pendidikan internet terhadap relawan TIK. “Upaya kami membidik Kawasan Indonesia Timur karena wilayah itu masih memiliki pemahaman dan pengetahuan akan internet yang belum memadai. Untuk itu, kami ingin membantu para pelajar agar meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dalam memanfaatkan internet,” ujarnya.

Di tempat yang sama Kasie Aptel Dishubkominfo Kalsel, Bahrom Majie menjelaskan, program sosialisasi INSAN yang dilaksanakan Dishubkominfo sudah dilaksanakan sejak tahun 2011. Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana menggunakan internet yang sehat dan aman yang telah dilakukan di 13 kabupaten/Kota.

“Berdasarkan program strategis Dishubkominfo Kalsel pada 2016 – 2020 kegiatan ini ditingkatkan menjadi program Incakap, Internet cerdas kreatif dan produktif sesuai dengan program Kemkominfo, bahwa pengguna internet di Indonesia tidak lagi hanya sebagai pengguna tetpai sebagai pelaku yang bisa memberikan nilai tambah terhadap peningkatan SDM dan nilai ekonomi bagi masyarakat,” ujar Bahrom.

Kepala SMKN 2 Banjarmasin, Arsyad Junaidi menyambut baik dengan diadakannya acara ini, sehingga menambah wawasan dan pengetahuan siswa-siswa tentang bagaimana pemanfaatan internet yang cerdas kreatif dan produktif, sehingga tidak akan sampai terjadi penyalahgunaan teknologi informasi dan komunikasi di kalangan pelajar seperti cyber bullying, pornografi, hacking dan lain-lain. (wln)

Check Also

Peserta Didik Teknik Furnitur PJBL dan PLK Teknik Kimia Industri

Peserta didik smkn 2 banjarmasin Program Keahlian teknik furnitur ikut melaksanakan Pembelajaran Luar Kelas untuk …

Gerakan Nasional “Kembali Naik Angkutan Umum”

Teman Bus Kota Banjarmasin Goes To School 2024 berkunjung ke SMK Negeri 2 Banjarmasin, Pada …

Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan bagi pencari kerja dari Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin

Program penempatan Tenaga Kerja Sub Kegiatan Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan dalam  rangka mempersiapkan peserta didik …

Workshop Budaya Kerja Sekolah

Budaya  kerja  adalah value atau nilai,  karakteristik,  dan atribut yang dimiliki  oleh suatu perusahaan atau …

Kunjungan Putri Indonesia Perwakilan Kalimantan Selatan 2024

SMK Negeri 2 Banjarmasin di hebohkan oleh kedatangan Putri Indonesia Perwakilan Kalimantan Selatan 2024 pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *