Home » Berita Seputar Banjarmasin » Perkuat Sertifikasi SDM Kesos, Kemensos Gandeng Perguruan Tinggi

Perkuat Sertifikasi SDM Kesos, Kemensos Gandeng Perguruan Tinggi

indopos.co.id  – Kementerian Sosial menyadari pentingnya membentuk sumber daya manusia (SDM) kesejahteraan sosial yang profesional. Salah satu langkah yang ditempuh adalah menetapkan standar profesi melalui sertifikasi kompentensi.

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mendukung, segala upaya Kemensos meningkatkan profesionalisme SDM kesejahteraan sosial. Kendati memang, peningkatan kapabilitas dan kualitas SDM kesejahteraan sosial bukan pekerjaan ringan.

“Upaya Kemensos mendorong proses dan tahapan perbaikan mutu SDM kesejahteraan sosial akan terus berjalan melalui kerja sama dengan pihak dan mitra terkait,” kata Kepala Badan Pendidikan Penelitian dan Penyuluh Sosial Syahabuddin, dalam sambutannya pada “Rapat Koordinasi Sertifikasi dengan Universitas Jurusan Kesejahteraan Sosial ” seluruh Indonesia, di Kuta, Bali, Selasa (08/10/2019).

Syahabuddin menyatakan, rakor merupakan rangkaian proses mewujudkan mekanisme pelaksanaan uji kompetensi sertifikasi bagi SDM penyelenggara kesejahteraan sosial. “Kegiatan ini untuk mendukung proses terlaksananya uji kompetensi, serta menjawab isu-isu dan kompetensi yang harus dimiliki bagi penyelenggara kesejahteraan sosial,” katanya.

Ia menambahkan, penerapan standardisasi dalam praktik pekerjaan sosial mutlak dilaksanakan sebagai sebuah profesi. “Program ini lebih diarahkan kepada standardisasi kompetensi dan kualifikasi SDM penyelenggara kesejahteraan sosial,” katanya.

Standardisasi kompetensi dan penyelenggaraan sertifikasi untuk SDM penyelenggara kesejahteraan sosial, katanya, dilakukan oleh Pusat Pengembangan Profesi Pekerja Sosial dan Penyuluh Sosial melalui Lembaga Sertifikasi.

“Sedangkan fungsi standardisasi dan penyelenggaraan sertifikasi secara garis besar ditujukan kepada SDM kesejahteraan sosial aparatur dan non aparatur,” kata Syihabuddin. Amanat sertifikasi bagi profesi Pekerja Sosial dan Tenaga Kesejahteraan Sosial, katanya, diatur pada Pasal 33, Undang-Undang No. 11 Tahun 2009.

“Pembinaan terhadap SDM Kesejahteraan Sosial ditekankan pada peningkatan kesejahteraan sosial maupun peningkatan kapasitas serta hak-hak lainnya,” katanya.

Sumber : Indopos.co.id

Check Also

Jadwal Masa Pengelanan Lingkungan Sekolah (MPLS) Peserta Didik 2021/2022

Menindak lanjuti  Surat Edaran tanggal 05 juli 2021 Disdikbud Propinsi Kalimantan Selatan 421.3/1161.a/Disdikbud/2021, dan berdasarkan hasil rapat …

Untuk Kelengkapan Sekolah Calon Peserta Didik 2021/2022

Bagi calon siswa bisa membeli seragam di koperasi siswa sekolah maupun diluar sekolah,  sebagai berikut …

Update Informasi Daftar Ulang PPDB 2021/2022

1. Info Persyaratan Daftar Ulang 2. Surat pernyataan siswa tata tertib 3. Formulir Isian Biodata …

Pengumuman Hasil Seleksi PPDB Online 2021/2022

Juara 1 Animasi

PADAS Animation Studio SMKN 2 Banjarmasin (tefa jurusan animasi), mengikuti lomba tingkat propinsi  dengan tema …

SMK Swasta di Banjarmasin Alternatif PPDB 2021

PPDB 2021 yg di mulai tanggal 28 juni 2021 – 30 Juni 2021 membuat banyak …

Kementrian Sosial RI Uji Kompetensi Peserta didik Perawatan Sosial

Pada hari kamis tanggal 24 Juni 2021 Kementrian Sosial RI melaksanakan Asisten Jurusan Perawatan Sosial …

Panduan Pendaftaran PPDB Online 2021

JALUR REGULER   JALUR AFIRMASI   Contoh Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM)  Contoh Surat Keterangan Nilai …

Ombudsman Kunjungan, Persiapan Belajar Tatap Muka dan PPDB

Ombudsman Kalimantan Selatan kunjungan  beserta staf pada Kamis (24/06/2021) perihal pelayanan menjelang persiapan pembelajaran tatap …

Rapat Penetapan Kenaikan Kelas

Di tengah kesibukan akhir tahun ajaran 2020/2021 pada hari senin, 21 Juni 2021 Dewan Guru  …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *