Home » Berita Terbaru » Pelaksaaan Komitmen dengan DUDIKA

Pelaksaaan Komitmen dengan DUDIKA

SMKN 2 Banjarmasin- Rangkaian kegiatan SMK PK salah satu dari program pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kualitas dan kinerja, yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, dunia industri, dunia kerja yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia kerja serta diharapkan menjadi pusat peningkatan kualitas dan rujukan bagi SMK dan salah satu program yang dilakukan untuk menghasilkan output yang di inginkan oleh pemerintah dalam Pelaksanaan Komitmen SMKN 2 Banjarmasin dengan Dunia Usaha Dunia Industri dan Dunia Kerja (DUDIKA) dan Forum Ekonomi Kreatif Banjarmasin.

Dilaksanakan di Gedung technopark SMKN 2 banjarmasin pada tanggal 11 November 2021, kegiatan yang juga di hadiri oleh bapak walikota H. Ibnu Sina, S.Pi., M.Si., Kepala Dinas pendidikan dan kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan bapak Drs. Muhammad Yusuf Effendi, M.AP serta perwakilan BAPPEDA Prov kalsel bapak Bambang,SE,MA akhirnya menjadi angin segar bagi SMKN 2 Banjarmasin khususnya yg didukung oleh banyak instansi pemerintahan serta swasta sebagai angin segar bagi dunia Pendidikan,khusunya anak SMK di kalsel yang dimana akan menyerap tenaga pekerjaan lebih luas. Dalam sambutan nya, Walikota Banjarmasin menyampaikan SMKN2 Banjarmasin merupakan SMK Penggerak dan sektor ekonomi kreatif menjadi salah satu tulang punggung nasional.

“Karena sejak tahun 2018 sampai 2020 kontribusinya hampir 1.200 triliun. Dengan sektor ini debitnya hampir 17 juta yang bekerja di sektor ekonomi kreatif,” bebernya.
Ibnu Sina mengapresiasi seluruh pihak yang memberikan kesempatan kepada bidang pendidikan untuk bisa mengisi kebutuhan akan sumber daya manusia dan diharapkan apa yang menjadi kebutuhan dunia kerja itu bisa betul-betul diantisipasi oleh dunia pendidikan.
“Sehingga oleh karena itu bisa diwujudkan bersama-sama dan anak-anak kita tidak diragukan lagi bahwa dia punya kompetensi, dia punya kemampuan dan ini tidak lepas dari koloborasi dan sinergi,”
Kolaborasi itu kata Ibnu Sina bernama Pentahelix, kolaborasi yang terdiri dari ABCGM yaitu Akademisi, Bussinesman, Community, Government dan Media,” jadi kelima aspek ini harus bekerja sama dengan baik untuk memajukan sebuah daerah
“Sebuah kota, sebuah daerah, sehingga kolaborasi menjadi kata kunci, jadi apa yang ditanda tangani hari ini adalah model kolaborasi Pentahelix, Ulun berharap, kegiatan ini bisa di manfaatkan dengan sebaik-baiknya, antara kebutuhan dunia kerja, dunia usaha, dunia industri dan juga apa yang menjadi output dari dunia pendidikan betul-betul diserap oleh dunia kerja,”
Kepala Disdikbud Kalsel, Yusuf Effendi menambahkan bahwa kerja sama ini merupakan hal yang penting untuk dijalin dalam mensinkronisasikan integrasi dengan kurikulum.
“Kalau sudah ada sinkronisasi integrasi dengan dunia usaha dan industri. Maka akhirnya ketika proses pendidikan berjalan, output nya itu pasti sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri, Tak hanya itu, sekolah juga akan terbantu dengan adanya Ruang Praktek Siswa (RPS) langsung dari instansi yang telah menjalin kerja sama, Misalnya kemarin kerja sama dengan PLN terkait program listrik pembangkit. Nah itu di diperkenankannya RPS anak-anak kita untuk praktek,” terangnya.
“Ia berharap apa yang dimiliki dunia usaha dan industri itu bisa mendukung serta meningkatkan kompetensi dan keterampilan peserta didik”.
Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN 2 Banjarmasin, bapak H. Almunawar, ST, M.Pd menjelaskan bahwa ada 9 kompetesi keahlian berbagai bidang yang ada di SMKN 2 Banjarmasin.
“Jadi tadi sekitar 36 berMoU dalam rangka mengejar tuntutan sekolah PK,” ujarnya.
Melalui kerja sama ini, diharapkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan, karakter terbentuk dengan baik dan tercapai dan dilakukan secara proses bersama-sama antara sekolah dengan dunia kerja dan industri. “Diharapkan setelah anak-anak lulus mampu menghadapi dunia kerja,” harapnya.

Check Also

Peserta Didik Teknik Furnitur PJBL dan PLK Teknik Kimia Industri

Peserta didik smkn 2 banjarmasin Program Keahlian teknik furnitur ikut melaksanakan Pembelajaran Luar Kelas untuk …

Gerakan Nasional “Kembali Naik Angkutan Umum”

Teman Bus Kota Banjarmasin Goes To School 2024 berkunjung ke SMK Negeri 2 Banjarmasin, Pada …

Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan bagi pencari kerja dari Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin

Program penempatan Tenaga Kerja Sub Kegiatan Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan dalam  rangka mempersiapkan peserta didik …

Workshop Budaya Kerja Sekolah

Budaya  kerja  adalah value atau nilai,  karakteristik,  dan atribut yang dimiliki  oleh suatu perusahaan atau …

Kunjungan Putri Indonesia Perwakilan Kalimantan Selatan 2024

SMK Negeri 2 Banjarmasin di hebohkan oleh kedatangan Putri Indonesia Perwakilan Kalimantan Selatan 2024 pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *