Home » Berita Terbaru » Workshop Budaya Kerja Sekolah

Workshop Budaya Kerja Sekolah

Budaya  kerja  adalah value atau nilai,  karakteristik,  dan atribut yang dimiliki  oleh suatu perusahaan atau badan dan diamalkan oleh setiap anggotanya. Hal ini menjadi sebuah pedoman dalam bagaimana suatu perusahaan, organisasi beserta isinya mengambil sebuah sikap dan berperilaku.

Budaya kerja sekolah mencakup norma-norma, nilai-nilai, dan praktik-praktik yang membentuk lingkungan belajar dan bekerja. SOP merupakan panduan yang sangat penting dalam mengelola berbagai aspek di sekolah. Dengan memastikan bahwa SOP sesuai dengan nilai-nilai dan tujuan budaya kerja positif, kita dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif dan inklusif.

Workshop ini diselenggarakan untuk melakukan tinjauan terhadap Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ada di lingkungan sekolah, dengan fokus khusus pada bagaimana SOP dapat mendukung dan memperkuat budaya kerja yang positif. Tujuan utama workshop ini adalah untuk memastikan bahwa SOP yang diterapkan di sekolah sesuai dengan prinsip-prinsip budaya kerja yang diinginkan.

TUJUAN  KEGIATAN

  1. Memahami konsep budaya kerja dan dampaknya di sekolah.
  2. Meninjau SOP yang ada dan mengidentifikasi aspek-aspek yang mendukung atau mungkin perlu disesuaikan dengan budaya kerja positif.
  3. Membahas bagaimana implementasi SOP dapat memengaruhi budaya kerja dan menciptakan atmosfer yang kondusif untuk pembelajaran.
  4. Mengidentifikasi langkah-langkah konkret untuk menyelaraskan SOP dengan tujuan budaya kerja yang diinginkan.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu 28 Februari 2024 bertempat di ruang Rapat kepala SMK Negeri 2 Banjarmasin. Adapun Narasumber pada kegiatan ini adalah Bapak  H. Almunawar, ST, M.Pd,  yang merupakan Kepala SMKN 2 Banjarmasin dan Ibu Sri Mulyaningsih, M.Pd, yang merupakan pengawas sekolah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Adapun Peserta Workshop adalah TIM Manajemen SMKN 2 Banjarmasin.

Workshop ini merupakan langkah awal menuju penyempurnaan SOP sehingga dapat sejalan dengan budaya kerja positif yang ingin kita kembangkan di sekolah. Dan juga workshop ini bisa memberikan wawasan yang bermanfaat dan dapat meningkatkan kualitas lingkungan belajar di sekolah. Sehingga setiap peserta dapat mengimplementasikannya kepada  seluruh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan harus mengetahui, memahami, sekaligus mengimplementasikan berbagai program yang sudah ditetapkan ketika Tahun Pelajaran 2023/2024 sudah berjalan.

 

Check Also

Peserta Didik Teknik Furnitur PJBL dan PLK Teknik Kimia Industri

Peserta didik smkn 2 banjarmasin Program Keahlian teknik furnitur ikut melaksanakan Pembelajaran Luar Kelas untuk …

Gerakan Nasional “Kembali Naik Angkutan Umum”

Teman Bus Kota Banjarmasin Goes To School 2024 berkunjung ke SMK Negeri 2 Banjarmasin, Pada …

Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan bagi pencari kerja dari Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin

Program penempatan Tenaga Kerja Sub Kegiatan Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan dalam  rangka mempersiapkan peserta didik …

Kunjungan Putri Indonesia Perwakilan Kalimantan Selatan 2024

SMK Negeri 2 Banjarmasin di hebohkan oleh kedatangan Putri Indonesia Perwakilan Kalimantan Selatan 2024 pada …

Sosialisasi program Satgas Siswa Anti-Bullying

Kunjungan dari Pengurus Forum Genre Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan Ke SMK Negeri 2 Banjarmasin pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *