Home » Berita Terbaru » Shalat Hajat sebagai salah satu persiapan dalam hadapi UN

Shalat Hajat sebagai salah satu persiapan dalam hadapi UN

SMC Skenda - Sholat HajatMK Negeri 2 Banjarmasin menyelenggarakan Shalat Sunat Hajat dengan mengusung tema “Memantapkan diri dalam menghadapi persiapan Ujian Nasional 2016” Kamis (31/3) pagi.  Kegiatan yang dilaksanakan  Jam 08.00-10.00 WITA merupakan salah satu persiapan untuk siswa kelas XII dalam menghadapi UN (Ujian Nasional) pada 4 hingga 7 April nanti. Shalat Sunat Hajat adalah shalat sunat yang dikerjakan karena seseorang mempunyai maksud atau hajat tertentu dan berharap Allah SWT mengabulkannya.

Selain shalat sunat hajat juga dilaksanakan shalat sunat Dhuha, membaca shalawat dan dzikir bersama yang diimami  oleh Noordiansyah, Guru Agama di SMK Negeri 2 Banjarmasin. Siswa kelas XII dan X dari semua jurusan  mengikuti kegiatan tersebut terlihat khusyuk.

Dalam sambutannya Kepala SMK Negeri 2 Banjarmasin, Almunawar
berpesan saat ujian nanti diharapkan para siswa dapat menjaga kesehatan, dan tidak melakukan hal yang negatif karna nanti akan menjadi sia-sia.

“Setelah 3 tahun kalian diproses di sini. Mungkin dari kalian ada menjengkelkan para guru, orang tua, teman dan staf-staf yang lain, dengan kegiatan ini diharapkan kalian dapat meminta maaf agar saat melaksanakan ujian dapat lebih baik.” Harap Almunawar.

Kegiatan dilanjutkan dengan ceramah agama oleh Ustd. Zaenal Abidin S.Pdi, menurutnya Ujian Nasional itu bukan hal yang menakutkan, karena ini bukan satu-satunya ujian yang dihadapi didunia ini. “Ujian pertama yang kita hadapi ketika di dalam perut ibu saat usia kandungan 9 bulan itu juga ada ujiannya, yaitu dilahirkannya kita ke bumi.” Katanya.

Saat menghadapi ujian, Ustd. Zaenal Abidin menambahkan jangan terlalu tegang karena orang tegang akan membuat diri menjadi gelisah, jadi kerjakanlah dengan tenang. Seperti firman Allah SWT.  “Sungguh telah beruntung, sungguh akan menjadi orang yang sukses, dan mendapat kelulusan. Ialah orang yang mau mensucikan diri,” tambah Zaenal Abidin

Jadi dalam menghadapi UN  harus mensucikan diri baik secara fisik maupun mental. Suci dari perbuatan maksiat, dan meninggalkan kegiatan yang buruk.
“Ujian tinggal 4 hari lagi. Mari ganti kebiasaan buruk menjadi kebiasaan yang baik ketika hendak tidur dengarkan bacaan-bacaan Al-qur’an.” Ujarnya.

Yang harus dijaga dalam menghadapi UN yang pertama adalah hubungan kepada orang-orang yang berjasa diantaranya yaitu orang tua dan guru, mintalah do’a kepada orang tua, karena pada saat terdesak dalam keadaan apapun hanya kekuatan do’a yang mampu mengubah keadaan. Serta sucikanlah diri, jagalah mata, dan pendengaran.

Jika ingin sukses sebutlah dzikir dan asma Allah. “Maka dirikanlah shalat Jika ingin beruntung, menurut agama yaitu:  1. Bersih dan suci 2. Banyak berzikir pada Allah 3. dirikanlah shalat terutama shalat shubuh karena shalat shubuh lah keberuntungan dimulai, dan akan diberuntungngkan Allah dalam segala urusan,” ungkapnya.
Selain dengan berdo’a, shalat, dan mensucikan diri, juga banyak-banyak membaca, dan jagalah kesehatan, serta pada saat menjawab soal bacalah ayat al qur’an: surah al-fatihah, al-insyirah salah satunya.

Kumpulan Foto : Facebook

Reporter : Nia   Editor : Ari

Check Also

Peserta Didik Teknik Furnitur PJBL dan PLK Teknik Kimia Industri

Peserta didik smkn 2 banjarmasin Program Keahlian teknik furnitur ikut melaksanakan Pembelajaran Luar Kelas untuk …

Gerakan Nasional “Kembali Naik Angkutan Umum”

Teman Bus Kota Banjarmasin Goes To School 2024 berkunjung ke SMK Negeri 2 Banjarmasin, Pada …

Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan bagi pencari kerja dari Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin

Program penempatan Tenaga Kerja Sub Kegiatan Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan dalam  rangka mempersiapkan peserta didik …

Workshop Budaya Kerja Sekolah

Budaya  kerja  adalah value atau nilai,  karakteristik,  dan atribut yang dimiliki  oleh suatu perusahaan atau …

Kunjungan Putri Indonesia Perwakilan Kalimantan Selatan 2024

SMK Negeri 2 Banjarmasin di hebohkan oleh kedatangan Putri Indonesia Perwakilan Kalimantan Selatan 2024 pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *