Home » Berita Terbaru » Shalat Hajat sebagai salah satu persiapan dalam hadapi UN

Shalat Hajat sebagai salah satu persiapan dalam hadapi UN

SMC Skenda - Sholat HajatMK Negeri 2 Banjarmasin menyelenggarakan Shalat Sunat Hajat dengan mengusung tema “Memantapkan diri dalam menghadapi persiapan Ujian Nasional 2016” Kamis (31/3) pagi.  Kegiatan yang dilaksanakan  Jam 08.00-10.00 WITA merupakan salah satu persiapan untuk siswa kelas XII dalam menghadapi UN (Ujian Nasional) pada 4 hingga 7 April nanti. Shalat Sunat Hajat adalah shalat sunat yang dikerjakan karena seseorang mempunyai maksud atau hajat tertentu dan berharap Allah SWT mengabulkannya.

Selain shalat sunat hajat juga dilaksanakan shalat sunat Dhuha, membaca shalawat dan dzikir bersama yang diimami  oleh Noordiansyah, Guru Agama di SMK Negeri 2 Banjarmasin. Siswa kelas XII dan X dari semua jurusan  mengikuti kegiatan tersebut terlihat khusyuk.

Dalam sambutannya Kepala SMK Negeri 2 Banjarmasin, Almunawar
berpesan saat ujian nanti diharapkan para siswa dapat menjaga kesehatan, dan tidak melakukan hal yang negatif karna nanti akan menjadi sia-sia.

“Setelah 3 tahun kalian diproses di sini. Mungkin dari kalian ada menjengkelkan para guru, orang tua, teman dan staf-staf yang lain, dengan kegiatan ini diharapkan kalian dapat meminta maaf agar saat melaksanakan ujian dapat lebih baik.” Harap Almunawar.

Kegiatan dilanjutkan dengan ceramah agama oleh Ustd. Zaenal Abidin S.Pdi, menurutnya Ujian Nasional itu bukan hal yang menakutkan, karena ini bukan satu-satunya ujian yang dihadapi didunia ini. “Ujian pertama yang kita hadapi ketika di dalam perut ibu saat usia kandungan 9 bulan itu juga ada ujiannya, yaitu dilahirkannya kita ke bumi.” Katanya.

Saat menghadapi ujian, Ustd. Zaenal Abidin menambahkan jangan terlalu tegang karena orang tegang akan membuat diri menjadi gelisah, jadi kerjakanlah dengan tenang. Seperti firman Allah SWT.  “Sungguh telah beruntung, sungguh akan menjadi orang yang sukses, dan mendapat kelulusan. Ialah orang yang mau mensucikan diri,” tambah Zaenal Abidin

Jadi dalam menghadapi UN  harus mensucikan diri baik secara fisik maupun mental. Suci dari perbuatan maksiat, dan meninggalkan kegiatan yang buruk.
“Ujian tinggal 4 hari lagi. Mari ganti kebiasaan buruk menjadi kebiasaan yang baik ketika hendak tidur dengarkan bacaan-bacaan Al-qur’an.” Ujarnya.

Yang harus dijaga dalam menghadapi UN yang pertama adalah hubungan kepada orang-orang yang berjasa diantaranya yaitu orang tua dan guru, mintalah do’a kepada orang tua, karena pada saat terdesak dalam keadaan apapun hanya kekuatan do’a yang mampu mengubah keadaan. Serta sucikanlah diri, jagalah mata, dan pendengaran.

Jika ingin sukses sebutlah dzikir dan asma Allah. “Maka dirikanlah shalat Jika ingin beruntung, menurut agama yaitu:  1. Bersih dan suci 2. Banyak berzikir pada Allah 3. dirikanlah shalat terutama shalat shubuh karena shalat shubuh lah keberuntungan dimulai, dan akan diberuntungngkan Allah dalam segala urusan,” ungkapnya.
Selain dengan berdo’a, shalat, dan mensucikan diri, juga banyak-banyak membaca, dan jagalah kesehatan, serta pada saat menjawab soal bacalah ayat al qur’an: surah al-fatihah, al-insyirah salah satunya.

Kumpulan Foto : Facebook

Reporter : Nia   Editor : Ari

Check Also

Penyuluhan tentang pencegahan paham radikalisme dan anti pancasila kepada pelajar SMK NEGERI 2 BANJARMASIN

Direktorak Pembinaan MAsyarakat (Dit Binmas) Kepolisian Daerah Kalimantan selatan  dalam Rangka Pencegahan, penanggulangan paham radikalisme …

Kegiatan Buka Puasa Bersama Guru dan Staf Tata Usaha

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh Alhamdulillah pada hari Rabu, 27 April 2022 telah dilaksankan kegiatan Buka Puasa …

Jadwal Ujian Sekolah (US) Tahun Pelajaran 2021-2022

Tefa ( Teaching factory ) Perawatan Sosial

Teaching factory adalah model pembelajaran berbasis produk (barang/jasa) melalui sinergi sekolah dengan industri untuk menghasilkan …

Isra Miraj dan Sholat Hajat

Memperingati kegiatan Isra Mi’raj yang di peringati setiap tanggal 27 di bulan rajab, kegiatan yang …

Hasil Karya Siswa Desain Interior dan Teknik Furniture Bersama Md Product

SMKN 2 Banjarmasin menjadi sekolah Kejuruan pertama yang membuka kompetensi Desain interior teknik furniture di …

Muda ,Kreatif, Menginpsirasi

Kegiatan Duta Jurusan 2022 akhirnya sampai ke Tahap Teknikal Meeting 27 Januari 2021 di Gedung …

“Generasi Tertib,Generasi Maju”

Pelaksanaan Upacara Bendera pada tanggal 17 Januari 2022 menjadi upacara pertama setelah pandemic 2 tahun …

Rapat Koordinasi Awal Ajaran Semester Genap & Persiapan PTM 2021/2022

Kegiatan rapat tiap awal semester genap menjadi rutinitas di SMKN 2 Banjarmasin, pertemuan kali ini …

KALEIDOSKOP 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *