Home » Berita Terbaru » Pendidikan untuk Peradaban Indonesia yang Unggul.

Pendidikan untuk Peradaban Indonesia yang Unggul.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei, juga di selenggarakan di SMK Negeri 2 Banjarmasin, jum’at (02/05), di Lapangan SMKN 2 Banjarmasin oleh Tenaga Pendidik, Tenaga Kependidikan dan Peserta Didik.

Rangkaian kegiatan berupa pengibaran bendera merah putih oleh Paskibraka, Bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Kepala Sekolah, Bapak Drs. Arsyad Junaidi, M.Pd.

Pada Apel Hardiknas 2014 ini, dibacakan Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan R.I, dimana dalam sambutan nya, menteri mengucapkan Selamat Hari Pendiikan Nasional, pada kesempatan itu pula di ucapkan terimakasih kepada seluruh insan pendidikan, pemerintah daerah, organisasi yang bergerak di bidang pendidikan , dan pemangku kepentingan lainnya ats segala ikhtiar, kepedulian dan perhatian yang telah diberikan dalam memajukan dunia pendidikan.

M. Nuh juga mengatakan bahwa dalam dunia pendidikan ada dua hal yang sangat mendasar, yaitu :
Pertama, terakit dengan akses untuk mendapatkan layanan pendidikan yang mana akses terebut dipengaruhi oleh ketersediaan dan keterjangkauan. Beberapa kebijakan dan program seperti BOS untuk pendidikan dasar dan mengengah, Bantuan Siswa Miskin, Bidikmisi, Pengiriman Guru untuk daerah terpencil, terdepan dan tertinggal melaui SM3T, Bantuan Operasional untuk Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN), pendirian perguruan tinggi negeri baru dan sekolah berasrama merupakan sebagian dari upaya untuk meningkatkan akses secara iklusif dan berkeadilan.

Kedua, yaitu yang terakait dengna kualitas yang dalam hal ini, sangat dipengaruhi oleh tiga hal, yaitu ktersediaan dan kualitas guru, kurikulum dan sarana prasarana. Beberapa kebijakan dan program yang telah ditetapkan, antara lain, pendidikan dan pelatihan guru berkelanjutan, penerapan Kurikulum 2013 dan rehabilitasi sekolah yang rusak, baik rusak berat, rusak sedang, maupun rusak ringan. Melalui penerapan Kurikulum 2013 secara bertahap dan menyeluruh, tahun ajaran 2014/2015 merupakan momentum untuk meningkatkan kapasitas dan profesionalitas guru, kepala sekolah dan pengawas selain juga merupakan momentum untuk melaukan penataan sistem perbukuan pelajaran.

Pada akhir sambutannya, beliau mengatakan bahwa masa tugas beliau sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan akan berakhir, melalui Hari Pendidikan Nasional ini beliau mengatakan sebagai seorang menteri dan pribadi ingin menyampaikan ucapan terimakasih setinggi-tingginya kepada seluruh pemangku kepentingan atas partisipasi, kerjasama dan perhatiannya yang sangat luar biasa dalam menyukseskan program-program yang telah ditetapkan oleh Kementriaan Pendidikan dan Kebudayaan, prestasi yang telah diraih adalah prestasi kita semua.

Tema yang dipilih pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2014 ini, yakni Pendidikan untuk Peradaban Indonesia yang Unggul.

Check Also

Peserta Didik Teknik Furnitur PJBL dan PLK Teknik Kimia Industri

Peserta didik smkn 2 banjarmasin Program Keahlian teknik furnitur ikut melaksanakan Pembelajaran Luar Kelas untuk …

Gerakan Nasional “Kembali Naik Angkutan Umum”

Teman Bus Kota Banjarmasin Goes To School 2024 berkunjung ke SMK Negeri 2 Banjarmasin, Pada …

Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan bagi pencari kerja dari Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin

Program penempatan Tenaga Kerja Sub Kegiatan Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan dalam  rangka mempersiapkan peserta didik …

Workshop Budaya Kerja Sekolah

Budaya  kerja  adalah value atau nilai,  karakteristik,  dan atribut yang dimiliki  oleh suatu perusahaan atau …

Kunjungan Putri Indonesia Perwakilan Kalimantan Selatan 2024

SMK Negeri 2 Banjarmasin di hebohkan oleh kedatangan Putri Indonesia Perwakilan Kalimantan Selatan 2024 pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *