Home » Berita Terbaru » Sosialisasi dan Koordinasi Pengembangan SMK PK dan Revisi Peta Jalan

Sosialisasi dan Koordinasi Pengembangan SMK PK dan Revisi Peta Jalan

SMKN 2 Banjarmasin kembali terpilih menjadi SMK Pusat Keunggulan (PK) berdasarkan keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Nomor : 22/D/O/2021 tanggal 20 April 2021 tentang penetapan Sekolah Menengah Kejuruan pelaksana SMK Pusat Keunggulan tahun 2021 Tahap 1. Sebagai tindak lanjut dari hal tersebut, pada Senin 01 September 2021 diselenggarakan Sosialisasi dan Koordinasi Program Pengembangan SMKN 2 Banjarmasin sebagai SMK PK bertempat di aula technopark sekolah.

Kegiatan Workshop ini yang dilaksanakan selama dua hari, pada tanggal 01 – 02 September 2021, dibuka langsung Kepala Dinas Pendidikan Kalimantan Selatan, Drs. Muhammad Yusuf Effendi, M.AP dihadiri DUDIKA Vokasee.id oleh bapak Fandhi Nugroho Lufti Melalui Dari dari Semarang, Pengawas SMK, Drs Endarta, M. Eng , Politek Neregri Banjarmasin, Arifin Noor Asyikin, ST, MT dan Satuan Pendidikan .

SMK Pusat Keunggulan (PK) merupakan salah satu program prioritas dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi) Kemendikbud pada tahun 2021 ini. Pengembangan SMK PK dengan program keahlian tertentu, harus memiliki peningkatan kualitas dan kinerja. Karena itu, dibutuhkan kerja sama yang kuat dalam kemitraan dunia usaha dunia dan Dunia Kerja industri (DUDIKA), plus hadirnya dukungan dari Pemerintah Daerah setempat dan Perguruan Tinggi Vokasi sebagai guru pendamping. Selain itu, SMK PK diharapkan dapat menjadi sekolah rujukan dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja Sekolah di sekitarnya agar memiliki relevansi dengan kebutuhan dunia kerja dan industri.


Secara garis besar, pihak sekolah mengharapkan feedback dari Bapak/Ibu panitia pengembang setelah selesai mengikuti kegiatan workshop Penyusunan Program 2021 dan Revisi Peta Jalan ini adalah mempersiapkan beberapa dokumen seperti :

  • Penyelarasan Kurikulum Bersama DUDIKA dan Perencanaan Pembelajaran
  • Pelaksanaan Pembelajaran (Sistem Blok, Pembelajran Berbasis Proyek, Pembelajaran Berbasis Kewirausahaan, Pembelajaran Berbasis Dual System, Penilaian Hasil Belajar, dan Pengembangan Bahan Ajar)
  • Praktik Kerja Lapangan (Dirancang, Dilaksanakan, Dievaluasi, dan Disertifikasi Bersama DUDIKA)
  • Magang dan Sertifikasi Guru (Dirancang, Dilaksanakan, Dievaluasi, dan Disertifikasi Bersama DUDIKA)
  • Sertifikasi Kompetensi Siswa oleh DUDIKA
  • Komitmen DUDIKA untuk Rekruitmen dan Penyalur Lulusan
  • Pengembangan Teaching Factory Bersama dengan DUDIKA


Hadirnya SMK Negeri 2 Banjarmasin sebagai SMK PK pada 2021 tak terlepas dari penguatan program SMK sebelumnya, yakni Revitalisasi SMK dan SMK CoE. Program Revitalisasi Sekolah lahir melalui Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan, sedangkan program SMK CoE dirilis pada Juli 2020. Revitalisasi SMK berfokus pada insentif bantuan fisik bagi SMK melalui lima sektor prioritas, yakni maritim, pariwisata, pertanian, industri kreatif, dan teknologi, dengan melibatkan pemerintah daerah setempat.

Check Also

In House Training ( IHT ) Kurikulum SMK PK Tahun 2021

Upaya peningkatan Sumber Daya Manusia baik pendidik dan tenaga kependidikan terus dilakukan oleh Kepala SMKN …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *