Home » Berita Terbaru » Siap Melaksanakan Ujian Nasional Online

Siap Melaksanakan Ujian Nasional Online

MC Skenda - UN OnlineUjian Nasional merupakan amanat UU No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.  Evaluasi peserta didik, satuan pendidikan, dan program pendidikan dilakukan oleh lembaga mandiri secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistemik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan Pasal 58 ayat (2)

Dimana tujuan dari Ujian Nasional sendiri adalah menilai pencapaian standar kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu. (PP 19/2005 yang telah diubah dengan PP No. 32/2013 dan PP 13/2015)

Pada tahun 2015 ini Ujian Nasional di lakukan secara PBT (Paper Based Test) dan CBT (Computer Based Test).  Untuk CBT diterapkan secara bertahap (status rintisan).

Ada 585  sekolah di Indonesia yang menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer, salah satu nya SMK Negeri 2 Banjarmasin, Melalui Keputusan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 017/H/EP/2015 Tentang Penetapan Satuan Pendidikan Penyelenggara Ujian Nasional Berbasis Komputer Tahun 2015.

4 ruang yang akan di pakai untuk CBT dimana setiap ruang terdiri dari 20 sampai dengan 23 komputer untuk para peserta ujian nasional, yang akan di bagi dalam 3 sesi.

Kesiapan di SMK Negeri 2 Banjarmasin sudah 100 persen dari segi infrastruktur jaringan, komputer dan siswa nya karena kita sudah melakukan sosialasi dan uji coba terhadap siswa peserta UN. Selanjutnya,  sambil menunggu hasil download update aplikasi terbaru dari puspendik dan akan dilakukan Try Out Ujian Online tanggal 1 April 2015 dan 2 April 2015, “ tutur Almunawar Kepala SMK N 2 Banjarmasin”

Hal senada disampaikan oleh Ketua Pelaksanaan Teknis UN Online, Novie Bambang,  bahwa Tim Teknis sudah semaksimal mungkin dalam persiapan ujian online ini dan kendala yang di hadapi adalah akses download ke aplikasi terbaru untuk UN Online terkendala akses jaringan di server pusat, karena banyak nya sekolah-sekolah peserta UN Online yang melakukan akses ke server tersebut. Harusnya pihak puspendik bisa meletakkan update aplikasi tidak hanya pada satu server, tapi ada beberapa server, sehingga tidak menjadi masalah lambatnya akses jaringan, “pungkas nya”.  (MC Skenda/ Ari Rahman)

Check Also

Penyuluhan tentang pencegahan paham radikalisme dan anti pancasila kepada pelajar SMK NEGERI 2 BANJARMASIN

Direktorak Pembinaan MAsyarakat (Dit Binmas) Kepolisian Daerah Kalimantan selatan  dalam Rangka Pencegahan, penanggulangan paham radikalisme …

Kegiatan Buka Puasa Bersama Guru dan Staf Tata Usaha

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh Alhamdulillah pada hari Rabu, 27 April 2022 telah dilaksankan kegiatan Buka Puasa …

Jadwal Ujian Sekolah (US) Tahun Pelajaran 2021-2022

Tefa ( Teaching factory ) Perawatan Sosial

Teaching factory adalah model pembelajaran berbasis produk (barang/jasa) melalui sinergi sekolah dengan industri untuk menghasilkan …

Isra Miraj dan Sholat Hajat

Memperingati kegiatan Isra Mi’raj yang di peringati setiap tanggal 27 di bulan rajab, kegiatan yang …

Hasil Karya Siswa Desain Interior dan Teknik Furniture Bersama Md Product

SMKN 2 Banjarmasin menjadi sekolah Kejuruan pertama yang membuka kompetensi Desain interior teknik furniture di …

Muda ,Kreatif, Menginpsirasi

Kegiatan Duta Jurusan 2022 akhirnya sampai ke Tahap Teknikal Meeting 27 Januari 2021 di Gedung …

“Generasi Tertib,Generasi Maju”

Pelaksanaan Upacara Bendera pada tanggal 17 Januari 2022 menjadi upacara pertama setelah pandemic 2 tahun …

Rapat Koordinasi Awal Ajaran Semester Genap & Persiapan PTM 2021/2022

Kegiatan rapat tiap awal semester genap menjadi rutinitas di SMKN 2 Banjarmasin, pertemuan kali ini …

KALEIDOSKOP 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *