Home » Berita Terbaru » Widi Gunawan : Siswa Mampu Mengaplikasikan Ilmunya didunia kerja

Widi Gunawan : Siswa Mampu Mengaplikasikan Ilmunya didunia kerja

 

IMG-20160305-WA0009Multimedia adalah salah satu Jurusan yang ada di SMK Negeri 2 Banjarmasin yang memiliki keahlian menggabungkan dua unsur atau lebih media seperti teks, audio, video, animasi, dan grafis.

Saat ini Multimedia sedang melaksanakan Ujian Kompetensi Keahlian yang dimulai sejak tanggal (25/2) hingga (10/3).

Dalam pelaksanaan UKK di SMK Negeri 2 Banjarmasin ini khususnya Jurusan MM (Multimedia) dengan penguji Widi Gunawan, S.PT mengatakan bahwa “Untuk tahun 2016  sesuai aturan soal dari Direktor Pembinaan SMK (Dit. PSMK), Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, bahwa siswa Multimedia menyelesaikan soal yaitu diantaranya film dokumenter, iklan komersial, dan bumper. Jadi untuk kelas XII MM (Multimedia) disilahkan saja memilih sendiri apa yang ingin diujikan diantara 3 soal tersebut.”Ungkapnya kepada Wartawan Media Center SMK Negeri 2 Banjarmasin, Jum’at (4/3).

“Dari ke-3 soal tersebut masing-masing memiliki durasi tertentu seperti dokumenter maksimal berdurasi 5 menit, iklan komersial berdurasi 1 menit, dan bumper paling maksimal berdurasi 25 detik.”

“Dalam UKK Multimedia ini untuk penilaian dari pihak penguji yaitu dilihat dari cara penuangan audio kedalam produksi, bagaimana membuat animasi, penerapan 2 dimensi dan 3 dimensi, cover, desain, dan tema dari program yang dibuat. Sehingga dalam penilaian ini banyak dibebankan kepada siswa kelas XII Multimedia tahun 2016.”Jelasnya.

Kegiatan UKK sendiri berlangsung di SMK Negeri 2 Banjarmasin dengan tema seputar lingkungan sekolah.

“Untuk UKK Multimedia ini produksinya dimulai dari tanggal (29/2) yang terbagi menjadi 4 grup yang terdiri dari 8 orang pergrupnya.”Ujarnya.

Widi Gunawan menambahkan UKK sendiri memiliki penguji dengan tugasnya masing-masing. Untuk Multimedia penguji hanya memantau proses yang dilakukan oleh siswa Multimedia yang mengikuti UKK, mengawasi bagaimana proses produksinya, sampai editing. Dalam UKK ini ada 3 tahapan dalam proses produksi yaitu pre-production, produksi, hingga evaluasi. Jadi, dalam proses produksi kami memantau dan menguji bagaimana persiapan untuk UKK tersebut.

“Dalam hal ini penguji tidak memiliki kesulitan tersendiri tentang bagaimana melihat dan memantau pelaksanaan proses UKK.”Tuturnya.

“Harapan dalam UKK ini paling tidak siswa-swa lulusan  dari SMK Negeri 2 Banjarmasin khususnya Multimedia bisa mengaplikasikan ilmunya di dunia kerja”, tambah nya.

(MC Skenda/Jannah)

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Translate »
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com