Home » Berita Terbaru » Supervisi Pelaksanaan Transformasi Satuan Pendidikan melalui Implementasi Perencanaan Berbasis Data (PBD) di SMK Negeri 2 Banjarmasin

Supervisi Pelaksanaan Transformasi Satuan Pendidikan melalui Implementasi Perencanaan Berbasis Data (PBD) di SMK Negeri 2 Banjarmasin

Jum’at 6 /09/2024 Banjarmasin – Dalam upaya mendukung peningkatan kualitas pendidikan, SMK Negeri 2 Banjarmasin melaksanakan kegiatan supervisi untuk meninjau proses transformasi satuan pendidikan melalui Implementasi Perencanaan Berbasis Data (PBD). Kegiatan ini bertujuan memperkuat kemampuan sekolah dalam merencanakan, mengevaluasi, dan mengoptimalkan berbagai aspek pendidikan yang dapat meningkatkan mutu lulusan serta menciptakan sistem pendidikan yang relevan dan berdaya saing.

Supervisi yang dilakukan oleh tim pengawas dari dinas pendidikan ini difokuskan untuk memastikan SMK Negeri 2 Banjarmasin mampu mengintegrasikan PBD dalam perencanaan pendidikan mereka, mulai dari perencanaan kurikulum, analisis kebutuhan sumber daya, hingga pemetaan pencapaian akademik dan non-akademik siswa. Dalam pertemuan ini, kepala sekolah, tim manajemen, serta guru-guru SMK Negeri 2 Banjarmasin turut hadir untuk mendalami konsep dan manfaat PBD dalam peningkatan proses pembelajaran.

Fokus Utama dalam Implementasi PBD di SMK Negeri 2 Banjarmasin

Pelaksanaan supervisi ini memiliki beberapa fokus utama, di antaranya:

  1. Analisis dan Pemanfaatan Data Siswa – Melalui PBD, sekolah diharapkan mampu memanfaatkan data siswa secara maksimal, seperti data kehadiran, prestasi akademik, minat, dan bakat. Data ini dianalisis secara mendalam untuk menghasilkan perencanaan pendidikan yang lebih relevan dengan kebutuhan siswa serta mendukung upaya peningkatan keterampilan mereka.
  2. Perencanaan Berbasis Bukti – Implementasi PBD memungkinkan SMK Negeri 2 Banjarmasin untuk merencanakan program-program sekolah secara akurat berdasarkan data yang tersedia. Hal ini mencakup perencanaan kegiatan ekstrakurikuler, pelatihan kejuruan, dan pengembangan karakter siswa yang sesuai dengan tren kebutuhan dunia kerja serta dunia industri.
  3. Pengembangan Kompetensi Guru – Dalam supervisi ini, tim pengawas memberikan pendampingan khusus kepada guru-guru SMK Negeri 2 Banjarmasin mengenai cara memanfaatkan data dalam proses pembelajaran. Diharapkan para guru dapat menggunakan data untuk mengevaluasi metode pengajaran, mengidentifikasi kebutuhan belajar siswa, dan meningkatkan keterampilan sesuai dengan kebutuhan industri.
  4. Evaluasi dan Peningkatan Infrastruktur – Data juga digunakan untuk mengevaluasi kebutuhan infrastruktur sekolah, seperti laboratorium, peralatan praktik, dan akses teknologi. Hal ini penting agar fasilitas sekolah dapat mendukung tercapainya target pendidikan yang berorientasi pada kesiapan siswa dalam menghadapi dunia kerja.

Dampak Positif dari Implementasi PBD

Dalam sesi diskusi supervisi, tim pengawas dinas pendidikan memberikan apresiasi atas upaya SMK Negeri 2 Banjarmasin dalam mengoptimalkan penggunaan data untuk meningkatkan mutu pendidikan. Melalui PBD, sekolah memiliki kemampuan untuk merencanakan dan mengevaluasi setiap program secara tepat sasaran dan berbasis bukti. Implementasi PBD diharapkan memberikan dampak positif, antara lain:

  • Meningkatkan Kualitas Pembelajaran – Dengan pemahaman yang mendalam terhadap data siswa, sekolah mampu menyesuaikan kurikulum dan kegiatan pembelajaran yang lebih sesuai dan bermanfaat bagi siswa.
  • Peningkatan Keterampilan dan Daya Saing Lulusan – Pendekatan berbasis data memungkinkan sekolah untuk mengidentifikasi dan mengembangkan keterampilan yang benar-benar dibutuhkan oleh siswa dalam dunia kerja, sehingga lulusan SMK Negeri 2 Banjarmasin memiliki daya saing yang kuat.
  • Efisiensi dan Akuntabilitas Program Sekolah – Perencanaan berbasis data memungkinkan sekolah untuk menyusun anggaran dan kegiatan secara efisien dan tepat sasaran, sehingga program yang dijalankan dapat dipertanggungjawabkan dengan baik.

Harapan ke Depan

Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Banjarmasin Bapak H.Almunawar menyatakan komitmen sekolah untuk terus meningkatkan penerapan PBD dalam setiap aspek pendidikan. “Kami percaya bahwa perencanaan yang kuat adalah fondasi dari keberhasilan pendidikan. Dengan PBD, kami berharap dapat membangun satuan pendidikan yang unggul, akuntabel, dan relevan dengan kebutuhan siswa dan dunia kerja,” ujar Kepala Sekolah.

Dengan adanya supervisi ini, SMK Negeri 2 Banjarmasin diharapkan mampu terus mengembangkan sistem pendidikan berbasis data yang unggul, sehingga dapat menjadi percontohan bagi sekolah lain dalam upaya transformasi pendidikan menuju masa depan yang lebih baik.

Check Also

Pesantren Ramadhan, Momentum Perubahan Positif dengan meningkatkan Ibadah

Bulan Suci Ramadhan menjadi momen istimewa bagi masyarakat muslim. Selain momen berpuasa, Ramadhan juga menjadi …

KEGIATAN SELAMA BULAN RAMADHAN TAHUN 2025/1446 H

Kurikulum Berbasis Industri, Bersama UPATEK!

SMK Negeri 2 Banjarmasin, Mengimplementasi kurikulum berbasis Industri dengan DUDIKA PT Upaya Teknik (UPATEK) pada …

Hari Libur dan Cuti Bersama Tahun 2025

Surat Edaran Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi …

Rapat Awal Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025

Rapat awal semester genap Tahun Pelajaran 2024/2025. Acara ini dihadiri oleh seluruh jajaran guru dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *